VISI MISI

Pembaharuan terakhir 2023-03-06 10:42:55 866 hits

Visi Sekolah baru:

 

“Menciptakan Generasi yang Santun, Prestasi, Inovatif, Religius, Integritas, Terampil, Kompetitif, Empati, Ramah, Jujur, Amanah (SPIRIT KERJA) dan Berwawasan Lingkungan”.

Misi Sekolah


Misi sekolah ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi sekolah tersebut yaitu Santun, Prestasi, Inovatif, Religius, Integritas, Kompetitif, Empati, Ramah, Jujur, Amanah (SPIRIT KERJA) dan Berwawasan Lingkungan.


1.   Membangun kebiasaan tertib dan taat beribadah, serta kajian keagamaan.

       Representasi dari:

·      Visi “Religius”.

·      Dimensi Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berahlak mulia”.

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila “Akhlak beragama”.


2.   Membangun kebiasaan budaya senyum, sapa, salam, sopan dan santun (5S) di dalam dan di luar sekolah.

        Representasi dari:

·      Visi “Santun”, “Empati”, dan “Ramah”.

·      Dimensi Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berahlak mulia”.

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila “Akhlak kepada manusia”.


3.   Mengoptimalkan penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

        Representasi dari:

·      Visi “Integritas”,“Jujur”, dan “Amanah”.

·      Dimensi Profil Pelajar Pancasila “Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berahlak mulia”.

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila “Akhlak pribadi”.


4.   Melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk mengembangkan potensi keilmuwan peserta didik.

        Representasi dari:

·      Visi “Prestasi”, dan “Terampil”.

·      Dimensi Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”.

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila “Regulasi diri”, dan “Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi”.


5.   Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan Teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik.

        Representasi dari:

·      Visi “Inovatif”, dan “Kompetitif”.

·      Dimensi Profil Pancasila “Kreatif”.

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila “Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal”, dan “Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan”.


6.   Meningkatkan kerjasama dengan pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

        Representasi dari:

·      Visi “Terampil”, dan “inovatif”, “Kompetitif”.

·      Dimensi Profil Pancasila “Mandiri”, dan “Kreatif”.

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila “Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi”, “Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal”, dan “Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan”.


7.   Meningkatkan Kesadaran untuk memelihara lingkungan sekolah dan di luar sekolah.

        Representasi dari:

·      Visi “Berwawasan lingkungan”.

·      Dimensi Profil Pancasila ““Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berahlak mulia”.

·      Elemen Profil Pelajar Pancasila “Akhlak kepada alam”.


Tujuan Sekolah


Tujuan akhir yang diharapkan oleh SMK Negeri 1 Pangkalan Bun dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.


a.   Tujuan jangka panjang


1)   Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, Kreatif, cinta tanah air dan bangsa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

2)   Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara professional sesuai standar Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)/melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi/berwirausaha (BMW) sesuai minat dan         bakat yang telah diperoleh.

3)   Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya dan tindakan orisinal, serta mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.

4)   Menghasilkan lulusan yang menguasai teknologi era revolusi industry 4.0 dan society 5.0.

5)   Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pelopor sekaligus contoh generasi tanggap terhadap perubahan lingkungan.


b.   Tujuan jangka menengah


1)        Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.

2)        Mengembangkan modul ajar yang berkualitas, meyenangkan, dan kontekstual sesuai dengan kondisi sekolah.

3)        Membekali peserta didik dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains,

            literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).

4)        Membekali peserta didik untuk dapat melampaui penguasaan pengetahuan minimal SMK sederajat.

5)        Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan dalam penguasaan teknologi

            digital era revolusi industry 4.0 dan Society 5.0.

6)        Memfasilitasi peserta didik untuk aktif dalam mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan.


c.    Tujuan jangka pendek


1)        Pembentukan karakter berlandaskan Profil Pelajar Pancasila

·      Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada 100% mata pelajaran yang diselenggarakan

          baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.

·      Melaksanakan 100% penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.

·      Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.


2)        Pengembangan modul ajar yang berkualitas, menyenangkan, dan kontekstual sesuai dengan kondisi sekolah.

·      Menyusun modul ajar bebasis kurikulum merdeka 100 % baik dalam bentuk tatap muka atau bentuk kegiatan proyek.

·      Melaksanakan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka 100 % baik dalam tatap muka atau bentuk kegiatan proyek.

·      Mengintegrasikan project based learning 100 % pada mata pelajaran.


3)        Penguasaan 6 literasi dasar

·      Membekali agar peserta didik mampu menjawab minimal 75 % soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.

·      Membekali agar peserta didik mampu menjawab minimal 50 % soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.

·      Membekali agar peserta didik mampu menjawab minimal 50 % soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.


4)        Penguasaan pengetahuan minimal SMK sederajat

·      Memfasilitasi peserta didik untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75 pada aspek pengetahuan.

·      Menangani 100 % peserta didik yang mengalami permasalahan dalam memahami pembelajaran.


5)        Keterampilan dalam penguasaan teknologi digital era revolusi industry 4.0 dan Society 5.0.

·      Melaksanakan 100 % penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran  pada mata pelajaran.

·      Melaksanakan pelatihan kepada pendidik yang belum menguasai teknologi pada penerapan proses pembelajaran.


6)        Aktif dalam pelestarian lingkungan

·      Membiasakan kepada seluruh peserta didik untuk membuang sampah pada tempatnya.

·      Membiasakan perilaku 3 R (reduce, reuse, dan recycle) baik di sekolah maupun di luar sekolah.


d.    Strategi Untuk Mencapai Tujuan


Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan  menyusun beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah :

1.   Menyusun tim penjamin mutu dan tim pengembang kurikulum

2.   Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan lingkungan sekolah.

3.   Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, pakar,

       perwakilan DUDI (Dunia usaha dan dunia industri) dan komite sekolah.

4. Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana,

     kegiatan pendukun,dan lain-lain) untuk mendukung pelaksanaan rencana       kurikulum operasional sekolah yang sudah disusun.

5.   Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berdasar analisis kebutuhan program.

6.   Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi

      (guru, tenaga kependidikan,pelajar, orang tua dan komite sekolah).

7.   Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi 1bulanan, 1 semester dan 1 tahun.

8.   Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.

9.   Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat,

      pakar, perwakilan DUDI (Dunia usaha dan dunia industri) dan komite sekolah.

                                

Aset Dan Fasilitas

Minggu, 01/07/2018

Sejarah

Minggu, 01/07/2018

Kurikulum

Minggu, 01/07/2018

Profil Sekolah

Minggu, 01/07/2018

Perpustakaan

Kamis, 20/05/2021

Radio Online

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

MUTIARA HADIST

"Telah Mengabarkan Kepada Kami Ali Bin Abdillah Dari Hisyam Bin Yusuf Dari Ma'mar Dari Az-Zuhri Dari Urwah Bin Zubeir Dari Aisyah R.a. Berkata, "Orang-orang Bertanya Kepada Rasulullah SAW Tentang Para Dukun," Beliau Bersabda, "Tidak Ada Apa-apanya." Para Sahabat Bertanya, "Wahai Rasulullah, Mereka Kadang-kadang Bisa Menceritakan Sesuatu Yang Benar Kepada Kami. Maka Rasulullah SAW Bersabda, "Kalimat Tersebut Berasal Dari Kebenaran Yang Dicuri Oleh Jin, Kemudian Dibisikkan Ke Telinga Para Walinya (dukun). Maka Para Dukun Tersebut Mencampurkan Kalimat Yang Benar Tersebut Dengan Seratus Kedustaan." Para Dukun Mendapat Informasi Dari Jin