PROFIL

Pembaharuan terakhir 2018-07-01 20:21:55 534 hits

1. Nama Sekolah :

SMK Negeri 1 Pangkalan Bun
  Kabupaten :

Kotawaringin Barat
  Propinsi :

Kalimantan Tengah
       
2. Keterangan Sekolah :

 
  Bidang Keahlian :

Bisnis dan Manajemen, TIK, Parriwisata
  Program Keahlian :

Akuntansi, Sekretaris dan Penjualan, Multimedia, UPW
  Jumlah Guru PNS :

53 Orang
  Staf TU PNS :

4 Orang
  Staf TU Honorer :

4 Orang
  Guru Bantu :

8 Orang
  Luas Lahan :

29.150 m2
  Ruang Belajar (Teori) :

27 Kelas
  Ruang Praktik :

7 Buah
  Jumlah Siswa kelas 1, 2, 3    
  Tahun Pelajaran 2017/2018 :

876 Orang
       
3. Indentitas Sekolah    
  No. SK. Pendirian :

SK. Mendikbud RI No. 0135/O/1989
      Tanggal 14 Maret 1989
  No. Statistik Sekolah / NSS :

34.4.14.05.01.001
       
4. Nama Kepala Sekolah :

Drs. RIDWAN / NIP. 196512311996031017
5. Alamat Sekolah :

Jl. Pasanah No. 102 Po.Box: 37
      Kel. Sidorejo Pangkalan Bun, 74111
6. Email Sekolah :

smkn1pbun@gmail.com
       
7. Telpon Sekolah :

0532 - 23675
8. Faximli Sekolah :

0532 - 23675

 

BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN


SMK Negeri 1 Pangkalan Bun melaksanakan program pendidikan dan pelatihan selama 3 tahun mulai dari tingkat I, II dan III.
Sedangkan orientasi kedepan adalah orientasi pendidikan ( education oriented ) dan berorientasi bisnis ( bussiness oriented ) maksudnya bahwa sistem pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pangkalan Bun selain memberikan pengetahuan dan melatih keterampilan/keahlian dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi/IPTEK dibarengi dengan pengembangan wawasan bisnis.
Hal ini sesuai dengan tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seperti termuat dalam Kepmendikbud RI No. 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan Bab.II Pasal 2 ayat (1) poin (4) berbunyi : "Pendidikan di SMK bertujuan menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap professional.

Proses pendidikan di sekolah (SMK) memberikan sebanyak-banyaknya kemampuan dasar seperti mata pelajaran program umum, teori dasar kejuruan. Sedangkan proses pelatihan di dunia usaha/industri yaitu pelatihan keterampilan dan keahlian kejuruan yang tidak dapat dilaksanakan di SMK tetapi keterampilan tersebut dilaksanakan di dunia usaha/industri.

Pelatihan keterampilan dan keahlian ini dilaksanakan pada saat siswa duduk di kelas III (tiga). Program pelatihan ini biasa disebut dengan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) siswa dalam Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan lama minimal 1 semester atau 6 bulan.
Untuk membuktikan bahwa seorang siswa tamatan SMK benar-benar memiliki kemampuan dibidang tertentu, maka kepada siswa kelas III (tiga) atau para tamatan SMK yang sama/sejenis diberi kesempatan untuk mengikuti Ujian Kompetensi.
Bagi siswa yang mampu/lulus diberikan sertifikat kompetensi. Ujian Kompetensi ini dilaksanakan oleh pihak Majelis Sekolah, Dunia Usaha/Dunia Industri dan Instansi terkait lainnya bersama pihak sekolah dan yang mengeluarkan sertifikat ujian kompetensi adalah pihak Majelis Sekolah beserta KADINDA Pemerintah Kotawaringin Barat.

Salah satu manfaat sertifikat ujian komptensi ini bagi siswa tamatan adalah untuk mempromosikan dirinya memasuki dunia kerja yang relevan dengan bidang kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan untuk kendali mutu bagi siswa kelas III (tiga) tetap dilaksanakan Ujian Akhir Nasional (UAN).


TUJUAN SMK NEGERI 1 PANGKALAN BUN
 

  • Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap professional.
  • Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri. Menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri ( bekerja untuk dirinya sendiri ) dan atau untuk mengisi kebutuhan dunia kerja.
  • Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif.

Sejarah

Minggu, 01/07/2018

Aset Dan Fasilitas

Minggu, 01/07/2018

Visi Dan Misi

Minggu, 01/07/2018

Kurikulum

Minggu, 01/07/2018

Radio Online

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

MUTIARA HADIST

Hai Umat Muhammad, Demi Allah, Tak Ada Satupun Yang Lebih Pencemburu Dari Allah Ketika Ada Seorang Hamba-Nya Yang Laki-laki Atau Perempuan Berbuat Zina. Hai Ummat Muhammad, Demi Allah, Sekiranya Kalian Mengetahui Seperti Apa Yang Aku Ketahui, Tentu Kalian Akan Sedikit Tertawa Dan Banyak Menangis.�? Kemudian Beliau Mengangkat Kedua Tangannya Seraya Berkata , “Ya Allah, Bukankah Aku Sudah Sampaikan?�? Jangan Dekati Zina!