PELEPASAN SISWA PRAKERIN TAHUN PELAJARAN 2004/2005

Admin Senin, 28/06/2004 Utama 755 hits

Laporan kegiatan prakerin siswa kelas III tahun pelajaran 2004/2005 :

 

Nilai tambah/hasil yang diharapkan :

 

Kerja sama antara SMK dan DU/DI dalam PSG dikembangkan dengan prinsif saling membantu, saling mengisi dan saling melengkapi untuk kepentingan bersama. Berdasarkan prinsif ini pelaksanaan prakerin akan memberi nilai tambah bagi pihak-pihak yang bekerja sama

 

1. Nilai tambah bagi DU/DI antara lain :

 

DU/DI dapat mengenal persis kualitas peserta didik yang belajar dan bekerja di perusahaannya. Kalau perusahaan menilainya bisa jadi asset dapat direkrut menjadi tenaga kerja perusahaannya tersebut. Kalau tidak perusahaan dapat melepasnya karena tidak ada keharusan bagi DU/DI untuk mempekerjakannya.

 

2. Nilai tambah bagi sekolah antara lain :

 

Terdapat kesesuaian dan kesepadanan yang lebih pas antara program pendidikan dan kebutuhan lapangan kerja (sesuai dengan prinsif link and macht). Memberi kepuasan bagi penyelenggara pendidikan kejuruan (SMK dan para pelaku lainnya), karena tamatannya bermakna, baik untuk kepentingan tamatan ybs, untuk kepentingan dunia kerja maupun untuk kepentingan pembangunan bangsa pada umumnya.

 

3. Nilai  tambah bagi peserta didik antara lain :

 

Hasil belajar peserta didik akan semakin bermakna, karena setelah tamat akan betul-betul memiliki bekal keahlian professional untuk terjun ke lapangan kerja sehingga dapat meningkatkan tarap kehidupannya dan untuk bekal pengembangan dirinya secara berkelanjutan. Keahlian professional yang diperoleh melalui prakerin dapat mengangkat harga dan rasa percaya diri tamatan, yang pada gilirannya akan dapat mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian pada tingkat yang lebih tinggi.

 

Jumlah Peserta Prakerin SMK Negeri 1 Pangkalan Bun tahun pelajaran 2004/2005 :

 

Program Keahlian Akuntansi : 165 orang, L = 49 orang dan P = 116 orang

Program Keahlian Sekretarais : 81 orang,  L = 39 orang dan P = 42 orang

Program Keahlian Penjualan : 68 orang,    L = 32 orang dan P = 36 orang

 Jumlah seluruhnya sebanyak 314 orang

 

Jumlah tempat praktik :

 

Tempat siswa-siswi melaksanakan prakerin terdiri dari lembaga pemerintah dan lembaga swasta berjumlah 133 tempat dengan rincian :

Lembaga pemerintah = 48 buah

Lembaga swasta        = 85 buah

(Koperasi, Toko/Swalayan, Perusahaan Jasa dan Industri)

 

Waktu pelaksanaan :

 

Prakerin siswa kelas III tahun pelajaran 2004/2005 dilaksanakan mulai tanggal 28 Juni s.d. 2 Oktober 2004.

 

: tanpa label

KOMENTAR

Radio Online

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

MUTIARA HADIST

Ibnu Umar Ra. Berkata : Rosululloh Saw. Bersabda : Islam Didirikan Atas Lima Sendi : Menyaksikan Dan Percaya Bahwa Tiada Tuhan Kecuali Allah Dan Nabi Muhammad Utusan Allah, Dan Mendirikan Sholat Dan Mengeluarkan Zakat, Dan Haji Ke Baitullah, Dan Puasa Di Bulan Ramadhan Kewajiban Zakat Dan Puasa